Jumat, 21 November 2008

Ironis banget

hari kamis (20/11)
saat siang yang agak mendung, diwarung XXXX.

saat sedang asik makan pagi yang terlalu telat untuk disebut sarapan (abiz udah jam 12 seh). segerombol mahasiswa sedang asik makan bersama dalam satu meja. saking asiknya mereka bercenda gurau sampai membuat bising disekeliling. dalam hati, "busyet kalo makan jangan sambil ketawa ngakak non, ntar keselek. kan sayang wajah cantik jadi jelek kalo pas keselek", sambil terus menyantap nasi di piring.

setelah selesai menikmati makanan di piring, aku bangkit dari kursiku untuk membayar. ternyata berbarengan dengan mereka juga akan membayar. sebagai lelaki so pasti lah aku ngalah (halah sok gentle). sambil menunggu mereka bayar ternyata tak sengaja ku lihat makanan mereka belum abiz (malah sisa lumayan banyak). dalam hati ku, "busyet ni cewek lagi diet yah pesen makan banyak kagak diabisin, mana ayamnya masih ada yang baru dicuil dikit lagi. wah kalo gw kagak tengsin/malu bakal gw sikat tuh ayam". setelah mereka selesai bayar langsung keluar gantian aku dah bayar. untung aku bawa duit lebih bozz, ternyata mahal banget harganya. kesalahan aku juga seh kagak survey dulu. tapi dari niat awal emang mau coba2 sambil cari pemandangan baru. sambil ngerogoh dompet dan kantong buat bayar harga makanan tadi, untung aja pas. wah sumpah malu banget disaat itu kalo cewek2 td masih ada. wong si penjaga kasirnya aja senyum2 gtw liat aku kebingungan ngerogoh dompet. setelah bayar aku langsung keluar buat ngambil motor.

dalam perjalan pulang, dilampu merah kulihat ada segerombol anak yang lagi jualan koran bareng. trus salah satunya ada yang masih pake baju seragam putih-merah. entah malaikat apa yang ngerasuk kedalam diri aku, tanpa pikir panjang lagi gw panggil tu anak.



truz aku tanya ama dia, "le kowe ora sekolah to?" (dek kamu gak sekolah?)

trus jawab anak tersebut, "wes mari cak" (sudah selesai )

kemudian kutanya lagi, "lha mari sekolah kok malah dodolan koran neng kene. kon ora sinau neng omah" (kok setelah sekolah malah jualan koran disini. kamu gak belajar kah dirumah)

jawab anak tersebut,"yo piye cak, karepku yo dolanan karo koncoku, tapi ora iso" (ya bagaimana lagi, pingin saya juga bermain dengan teman2, tetapi tidak bisa)

tak tanya lagi,"lho piye to kok ora iso?" (loh giman sih kok gak bisa?)

jawab ketus anak tersebut, "lha nek aku dolen ora dodolan, sopo seng arep golek duit, sampeyan cak, gelem ora?" (lha kalo aku maen & tidak jualan siapa yang bakal cari uang, apakah anda?)

kaget aku mendengarnya, "oh ngono tah, yo wes kon seng semangat wae dodolan ne, tak dungo' no laris. wes kene tak beli jawapos nya?" (oh begitu ya, kamu yang semangat aja kalo gtw jualanya, tak doakan laris deh, sini jawaposnya tak beli)



sambil perjalanan pulang aku mikir apakah anak td sudah makan ya?
alhamdulillah aku masih diberi kesempatan untuk makan pagi (walaupun yang dilakukan siang hari) bagaimana dengan anak tadi apakah dia sudah makan dari kemaren malam? apakah sarapan dia adalah makan pagi yang dilakukan malam hari setelah mendapat upah dari jualan koran. kebayang dia dari pagi sekolah trus siang jualan koran sampai sore dengan perut kosong. busyet kalo aku mana tahan.

tiba2 teringat sama mahasiswi yang maka bareng tadi. mereka langsung pergi begitu saja meninggalkan seonggok makanan yang bila diakumulasikan dapat membuat perut gendut aku kekenyangan. apakah mereka tidak tahu bahwa diluar sana masih banyak cerita2 menyayat hati seperti anak penjual koran tadi? apakah mereka terlalu sering hidup serba berkelebihan sehingga dalam makan pun pasti berlebihan (sampai meninggalkan sisa begitu). dimana otak mereka sebagai mahasiswa? apakah mereka tak berpikir bahwa sekarang seperempat penduduk indonesia sedang menunggu ajal mereka disela-sela menahan lapar yang teramat sangat.kok mereka sampai hati berbuat seperti itu. apakah mereka tidak pernah melihat dunia luar/berita diteve.


Ironis yah ??? memang bukan salah anak kecil itu jika masih ada kisah sedih karena kekurangan uang, tapi saya tetep jengkel liat kebiasaan buruk seperti itu, suka membuang-buang makanan. Apa susah nya minta bungkus sama mbak pelayan nya ?? gengsi ? Buat saya menyisakan makanan terus di buang adalah perbuatan dosa besar, saya selalu menghabiskan makanan yang saya makan, mungkin untuk menutupi rasa berdosa saya karena tidak bisa berbuat banyak.

4 komentar:

Zulfikar hakim mengatakan...

lebih ironis lagi ketika mahasiswa yang katanya pengen jadi agent of change justru membiarkan mereka terjebak di dalamnya. sedih awak membayangkannya....

Yunandaru Sahid Putra mengatakan...

antara idealisme dan realita,
seperti yang selalu didengung-dengungkan di SMA ya zul.
ternyata setelah terjun kemasyarakat. lebih pelik dari itu, tidak sesederhana membalik telapak tangan, atau ijin meminta maaf.
banyak parameter yang mengikat, dan tentunya harus diperhitungkan.

dan lebih dari itu, semuanya tidak mungkin didapat dibangku kuliah atau sekolah.

itu adalah kepekaan hati, Sense Of Belonging, dan banyak hal lain yang sangat bernilai.

Anonim mengatakan...

Untuk mencapai sebuah paradigma perubahan positif,diperlukan sebuah kontribusi serta inisiatif bagi seseorang untuk memulainya.Oleh karena itu,ditunggu kontribusi anda untuk memperbaiki masalah tersebut,demi bangsa ini.Janganlah menganggap hal ini sebagai sebuah mimpi,karena kekuatan dari sebuah sugesti mimpi sangat besar,gak percaya ? ayo baca buku2 psikologi...

Anonim mengatakan...

Ndar,mana nih pstingan barunya,ditunggu gebrakan selanjutnya lho,karena "menulis itu melawan!!"